Menu

14 August, 2009

Tradisi Rakyat Menyambut Bulan Ramadhan

indosiar.com, Riau - Setiap kali menjelang Ramadhan tiba warga Kabupaten Kuantan Singingi, Riau memiliki tradisi tahunan, yakni pesta jalur pacu. Acara yang sepintas mirip ajang lomba dayung ini digelar hingga sehari sebelum Ramadhan ditutup dengan acara Balimau Kasai (bersuci).

Ribuan warga Kuantan Singingi tumpah ruah saat pembukaan pesta rakyat pacu jalur yang diadakan setahun sekali dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan. Pacu jalur ini menyerupai pacu dayung. Bedanya ada pada jumlah peserta sebanyak 65 orang dan menggunakan alat - alat tradisional, seperti meriam bambu untuk melepas peserta lomba dari garis start.

Peserta dayung ini melibatkan seluruh warga dari setiap kampung atau desa di Kabupaten Kuantan Singingi. Lomba akan berakhir 1 hari menjelang bulan puasa, yakni ditutup dengan Balimau Kasai (bersuci) menjelang bulan puasa. Menurut Sukarmis Bupati Kuantan Singingi, pacu jalur ini sudah berlangsung turun menurun sejak ratusan tahun lalu.

Pesta rakyat pacu jalur ini merupakan bagian dari kekayaan budaya bangsa dari Kabupaten Kuantan Singingi yang perlu terus dilestarikan. (Ahmad Dison/Dv).

No comments: