Menu

12 January, 2011

Pengenalan serta Sejarah Bahasa C++

Semester 1 telah saya lalui dalam bangku kuliah, sedikit banyaknya saya telah mendapatkan ilmu pengetahuan, dan saya juga ingin berbagi dalam ruang yang saya kelola ini. adapun yang ingin saya post dalam ruang ini adalah tentang materi C++, sebelum saya memposting tentang coding C++ ke depannya, alangkah baiknya jika saya jelaskan dahulu pengenalan dari C++ itu sendiri. Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980-an berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute). Pertama kali, prototype C++ muncul sebagai C yang di percanggih dengan fasilitas kelas. Bahasa tersebut di sebut C dengan kelas (C with class). Selama tahun 1983-1984, C dengan kelas disempurnakan dengan menambahkan fasilitas pembeban lebihan operator dan fungsi yang kemudian melahirkan apa yang disebut C++. Simbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, simbol itu muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru merupakan versi yang lebih canggih dari C.

Structur Program Pada C++ :

Komentar
Komentar di gunakan untuk memberi informasi/dokumentasi tentang program atau code yang ada. Dalam C atau C++ setiap tulisan yang di apit oleh simbol /*...*/ untuk multi baris atau setiap baris yang di mulai dengan simbol // dianggap komentar dan tidak akan dikompilasi compiler.

Preprocessor Directive
Disebut juga pengarah compiler karena berfungsi mengatur proses kompilasi. #include merupakan satu jenis pengarah preprocessor yang digunakan untuk membaca file yang dinamakan file judul (header file). iostream.h merupakan file header yang merupakan standard library dari C++.

Fungsi Utama dan Fungsi Tambahan.
Fungsi utama (main) harus ada dalam setiap program. karena fungsi utamalah fungsi yang akan dieksekusi pertama kali.

Bagian Definisi Fungsi
Diawali dengan tanda kurawal buka { merupakan tanda awal fungsi main dan tanda kurawal tutup } merupakan tanda berakhirnya fungsi main atau fungsi tambahan. Definisi fungsi berisi sekumpulan code yang nanti akan dieksekusi bila fungsi tersebut dipanggil. aturan umum penulisan bahasa C++:
  • Case sensitive, bahasa C++ membedakan penulisan huruf besar dan kecil.
  • Setiap statement diakhiri denngan tanda ";"
  • Tidak boleh ada variabel ganda, maupun konflik dengan reserved word
  • Pada subroutine atau fungsi harus diapit oleh kurung kurawal ({...})
  • Setiap variabel yang digunakan wajib dideklarasikan terlebih dahulu

Bagian Deklarasi
Bagian yang akan mendeklarasikan variabel, konstanta, fungsi, dan lain-lain.

2 comments:

Sang Perintis 07 said...

Keep Spirit, selalu wujudkan kreatifitas-kreatifitas lainnya...

w.a.r.m.a.n said...

mantap...
lanjutkan...
xDD